Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki Kamu Berenang Terbalik? Kenali Penyebab dan Cara Mengobati

42
×

Ikan Mas Koki Kamu Berenang Terbalik? Kenali Penyebab dan Cara Mengobati

Share this article

Lovaquatic – Pernahkah kamu memperhatikan ikan mas koki milikmu berenang dengan terbalik ? Jika pernah maka ada beberapa hal yang harus kamu lakukan agar ikanmu dapat berenang dengan normal kembali.Kelainan ini disebut dengan Swim Bladder atau biasa para penggemar ikan hias itu menyebutnya sebagai ketidakseimbangan pada kantong renang ikan kamu.

Lovaquatic akan menjelaskan secara jelas dan lengkap kepada kamu tentang apa saja yang menyebabkan Swim Bladder itu sendiri dan beserta cara penanganannya.Simak artikel berikut ini

Ikan Mas Koki Berenang Terbalik


Apa itu Swim Bladder ?

Pertama,kita akan membahas terlebih dahulu apa sih yang dimaksud dengan Swim Bladder pada ikan mas koki. Swim Bladder atau Gas Bladder adalah penyakit yang menyerang langsung pada kantong renang ikan mas koki. Kantong renang yang terletak di dalam rongga tubuh ikan, lebih tepatnya berada di bagian dorsal atau punggung ikan, berfungsi sebagai pengatur keapungan agar ikan dapat tetap berada di dalam air tanpa harus berenang. Kerusakan pada kantong renang ikan mas koki ini lah yang menyebabkan ikan mas koki berenang dengan terbalik.Kamu juga harus memperhatikan aktivitas ikan mas koki kamu,bisa jadi ikan kamu sedang terkena penyakitnya.

Ciri-ciri Swim Bladder Pada Ikan Mas Koki Antara Lain:

  • Ikan terlihat berenang dengan terbalik atau tidak dapat mengendalikan posisi tubuh dengan baik.
  • Ikan cenderung terdorong ke permukaan air atau terombang-ambing di permukaan.
  • Ikan dapat kesulitan dalam menyeimbangkan diri saat berenang.
  • Ikan dapat terlihat mengapung di permukaan air atau tenggelam ke dasar akuarium.
  • Ikan dapat menunjukkan gejala distress seperti kehilangan nafsu makan atau penurunan energi.

Dengan mengetahui ciri-ciri tersebut, kamu dapat mengidentifikasi apakah ikan mas koki kamu mengalami Swim Bladder atau tidak.

Ikan Mas Koki Berenang Terbalik


Faktor Penyebab Ikan Mengalami Swim Bladder atau Gangguan Gelembung Renang

Setelah mengetahui ciri-ciri Swim Bladder pada ikan mas koki, selanjutnya ada beberapa penyebab Swim Bladder atau Gangguan Gelembung renang pada ikan mas koki yang harus kamu kenali dan identifikasi terlebih dahulu sebelum mengambil langkah pengobatannya. Berikut adalah faktor penyebabnya:

  • Kualitas air yang buruk: Air kotor atau tercemar dapat menyebabkan gangguan pada kantong renang ikan mas koki.
  • Menelan udara: Pemberian pakan yang mengapung dapat menyebabkan gangguan pada kantong renang ikan karena ikan terlalu sering mengambil udara ketika makan.
  • Masalah dalam pola makan: Pola makan yang tidak seimbang atau tidak tepat juga dapat menjadi penyebab ikan mas koki mengalami Swim Bladder.
  • Pertumbuhan terhambat: Nutrisi yang tidak cukup atau pertumbuhan terhambat dapat mempengaruhi kesehatan kantong renang ikan.
  • Masalah fisik: Organ kantong renang yang tidak berkembang baik atau terdeformasi akibat bentuk tubuh unik ikan mas koki.
  • Infeksi bakteri: Infeksi bakteri pada kantong renang ikan mas koki merusak fungsi kantong renang.
  • Infestasi parasit: Infestasi parasit juga dapat menyebabkan gangguan pada kantong renang ikan.
  • Penurunan suhu air secara tiba-tiba: Perubahan suhu air yang drastis dapat mengganggu keseimbangan dan kesehatan ikan mas koki.
  • Kombinasi penyebab di atas: Kadang-kadang, Swim Bladder terjadi akibat kombinasi beberapa penyebab di atas.

Selain itu Dalam penelitian “Diagnosis Penyakit Ikan Mas Koki Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier” oleh Muhammad Hasbi Wa Kafa,ditemukan bahwa penyakit ‘ikan mas koki berenang terbalik’ sering kali merupakan gejala gangguan pada gelembung renang yang disebabkan oleh kualitas air yang buruk atau masalah pencernaan. Penelitian ini menekankan pentingnya pengelolaan kualitas air dan diet yang tepat sebagai langkah pencegahan, serta penggunaan metode diagnosis yang akurat, seperti Naive Bayes Classifier, untuk identifikasi penyebab spesifik dan penentuan pengobatan yang efektif. Pendekatan ini penting untuk menjaga kesehatan ikan dan menghindari kondisi berenang terbalik, yang meskipun bukan penyakit dalam arti tradisional, tetap membutuhkan perhatian dan penanganan yang serius.

Langkah-Langkah Mengobati Gangguan Gelembung Renang

Seperti kata orang kita tidak dapat mengobati sesuatu penyakit jika tidak tahu apa penyebabnya karena menentukan penyebab penyakit Swim Bladder harus melakukan identifikasi terlebih dahulu,Berikut langkah langkah yang harus kamu lakukan untuk mengobatinya:

Langkah 1

Gangguan kantung renang tidak menular, tetapi ikan yang terkena perlu dipindahkan ke ruang perawatan khusus untuk memberikan pengobatan. Kamu juga perlu memperhatikan kotoran apa yang dikeluarkan ikan, yang tidak dapat dengan mudah terlihat dalam akuarium yang berkebun atau yang memiliki kerikil di dasarnya.

Air di ruang perawatan khusus harus air segar yang telah matang, bukan air dari akuarium atau kolam karena ini mungkin menyebabkan masalah. Garam Akuarium Garam Epsom untuk Masalah Pencernaan

Langkah 2

Tambahkan dua sendok teh Garam Akuarium dan jumlah yang sama garam Epsom murni tanpa pewangi per galon ke dalam air.

Langkah 3

Jangan memberi makan ikan selama 2-3 hari atau lebih. Tunggu hingga kamu dapat melihat bukti bahwa ikan tersebut mengeluarkan kotoran, atau telah mendapatkan keseimbangan kembali. Jika ikan menghasilkan tinja yang menggantung dari pori anal untuk jangka waktu tertentu, dan mungkin berwarna terang atau memiliki gelembung gas tercampur di dalamnya, ini adalah tanda pasti masalah pencernaan/konstipasi.

Langkah 4

Jika suhu air sangat dingin, di bawah 55°F (13°C), panaskan air secara bertahap selama beberapa hari sekitar 15°F (8°C).

Tujuannya adalah suhu sekitar 68°F (20°C) atau lebih tinggi.

Jika pengobatan ini memperbaiki masalah setelah satu atau dua hari, beri ikan sejumlah kecil makanan hidup. Sertakan beberapa makanan berwarna hijau seperti kacang polong yang dimasak dan dikupas yang telah dihancurkan. Pastikan ini melewati ikan sebelum memberi makan lebih lanjut.

Secara perlahan tingkatkan jumlah makanan, memberi makan hanya makanan hidup dan kacang polong hijau selama setidaknya seminggu sebelum memperkenalkan ikan kembali ke akuarium atau kolamnya. Pertama, uji pH air dan tingkat nitrat serta periksa makanan yang kamu gunakan. Jika ragu tentang kesegarannya, buanglah karena kondisi ini akan segera kembali.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Ikan Juga Belum Membaik?

Ikan Mas Koki Berenang Terbalik


Jika ikan tidak membaik setelah beberapa hari, perawatan yang berbeda akan diperlukan tergantung pada apa yang terjadi selama beberapa hari pertama.
Jika ikan mengeluarkan kotoran, masalahnya mungkin bakteri, atau kantung renang telah rusak secara permanen.

Aquarium Pharmaceuticals Bettafix

Berikan ikan pengobatan antibakteri seperti obat penyakit ikan Aquarium Pharmaceuticals Bettafix. Jika ini tidak menyembuhkan masalah setelah beberapa hari, kondisi tersebut mungkin bersifat permanen atau bisa dibilang sudah dari genetik ikan tersebut.

Jika ikan tidak mengeluarkan kotoran, jangan beri makan selama 2 hari lagi, lalu cobalah untuk membuatnya makan kacang polong rebus, daun bayam muda, atau bahan nabati lainnya.Karena ini dapat membantu pencernaan ikan kamu.Jangan memberi makan makanan lain sampai ikan mengeluarkan apa yang ada di dalam perut karena pada saat ini makanan ini akan fermentasi dan menghasilkan gas.Setelah ikan kamu menunjukan perkembangan dalam hal bisa berenang kembali dengan normal kamu boleh mulai memberikan makan seperti pelet lagi.Tetapi perlu kamu ingat pemberian pakan ini sebaiknya dilakukan sedikit demi sedikit untuk beberapa hari kedepan untuk melihat apakah ikan kamu sudah benar sembuh dari penyakit berenang terbalik atau Swim Bladder.

Metode Pencegahan

Jika sudah sembuh kamu bisa mengembalikan ikan kedalam tempat asalnya.Langkah Terakhir yang harus kamu lakukan adalah mencegah agar terjadi kembali karena perlu kamu ingat penyakit ini termasuk ke golongan penyakit yang bisa mematikan ikan kamu jika tidak ditangani secepat mungkin.Berikut ini adalah hal yang dapat kamu lakukan agar mencegah ikan kamu kembali terkena penyakit Swim Bladder :

  • Jaga kebersihan tangki dan lakukan penggantian air secara rutin.
  • Pertahankan suhu air sedikit lebih tinggi untuk membantu pencernaan dan mencegah sembelit.
  • Berikan makanan yang sesuai untuk ikan dengan kualitas baik.
  • Rendam makanan kering selama beberapa menit sebelum diberikan.
  • Buka beku makanan dengan sempurna sebelum diletakkan di tangki.
  • Untuk ikan yang menelan udara saat makan di permukaan air, coba beralih ke makanan tenggelam.
  • Hindari memberi makan berlebihan dengan segala cara. Beri porsi makan yang lebih kecil agar ikan tidak makan terlalu banyak dan perhatikan jumlah total makanan yang diberikan dalam seminggu.

Ada pepatah mengatakan “Mencegah lebih baik daripada mengobati” itu juga yang harus kamu terapkan kepada ikan mas koki kamu agar terhindar dari penyakit Swim Bladder atau Gangguan Kantong Renang.Karena kesehatan pada ikan mas koki itu yang membuat ikan dapat hidup bertahan lebih lama.

PENUTUP

Jadi,setelah membaca semua isi artikel diatas, Lovaquatic jamin kamu tidak kebingungan lagi jika ikan mas koki kamu berenang terbalik.Karena kamu sudah tahu cara mengobati plus mencegahnya.Dan kita sudah diujung pembahasan semoga ikan kamu sehat terus dan terhindar dari segala penyakit.

Salam Lovaquatic!

5/5 - (3 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *