Ikan Channa

Membongkar Fakta Unik tentang Channa Maru Yellow Sentarum

53
×

Membongkar Fakta Unik tentang Channa Maru Yellow Sentarum

Share this article

Channa Maru Yellow Sentarum – Ikan Channa merupakan ikan predator air tawar yang banyak digandrungi saat ini oleh para pecinta ikan hias. Bukan hanya pesona buasnya yang disukai saja, tetapi juga motif dan corak tubuh yang membuat ikan ini menjadi buruan bagi para kolektor.

Terdapat 50 jenis spesies ikan channa yang dapat kamu temui di dunia ini. Berikut yang populer seperti : Channa Barca, Channa Auranti, Channa Bleheri, Channa Maru, dan Channa Striata.

Channa Maru juga terbagi kedalam beberapa jenis yaitu Channa Maru Yellow Sentarum, Channa Maru Red Barito, Channa Maru Red Sentarum, Channa Maru Red Sampit, dan Channa Maru Red Pangkalan Bun. Masing-masing jenis memiliki keunikan tersendiri.

Nah kali ini Lovaquatic akan fokus membahas tentang Channa Maru Yellow Sentarum. Apa saja sih yang membuat ikan gabus kalimantan ini menarik untuk kamu ketahui dan dipelihara. Ikuti terus ya!!

Habitat Channa Maru Yellow Sentarum

Channa Maru Yellow Sentarum
Sumber : https://www.kompas.com/sains/read/2022/08/19/180500723/memberi-makan-ikan-channa-maru-hindari-daging-ayam-atau-sapi?page=all

Ikan yang dengan nama latin ( Channa marulioides ) yang berasal dari perairan yang bermuara di Danau Sentarum, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Indonesia. Kamu juga dapat menemukan ikan Yellow Maru Sentarum ini di daerah sungai, hutan lebat, dan dasar yang berlumpur.

Channa Maru YS dikenal sebagai ikan yang aktif dan agresif. Mereka adalah predator soliter, yang berarti mereka lebih memilih untuk hidup sendiri dan berburu mangsa secara independen.

Ciri-ciri Channa Maru Ys

Channa Maru Yellow Sentarum memiliki beberapa ciri fisik yang membedakannya dari Channa Maru jenis lain. Berikut ini adalah

Bentuk Tubuh:

Ikan Karnivora ini memiliki bentuk tubuh yang ramping dan memanjang, dengan kepala yang besar dan lebar memungkinkan ikan ini mudah dalam berburu mangsanya. Dengan mata berwarna kuning jernih dan bersinar. Mulut ikan ini dilengkapi dengan gigi besar yang tajam berguna untuk memudahkan dalam menangkap mangsa.

Pentutup insang ( Operkulum ) yang bewarna merah atau orange membuat ikan pemangsa air tawar ini semakin indah untuk dilihat.

Mereka memiliki organ labirin, yang memungkinkan pengambilan oksigen langsung dari udara. Adaptasi ini berguna untuk bertahan hidup di lingkungan dengan kadar oksigen terlarut yang rendah.

Ukuran:

Ukuran maksimal Channa Maru YS dapat tumbuh hingga ukuran 30 – 40 cm, Jenis betina dapat tumbuh lebih besar daripada jantan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi besar kecilnya ukuran badan ikan seperti faktor genetik, kualitas makanan, dan faktor alam.

Warna dan Corak:

Merupakan ciri khas yang membedakan dengan Channa Maru lainnya, Channa Maru YS memiliki warna kuning cerah pada bagian bawah tubuhnya, serta dengan corak tubuh dipenuhi bintik-bintik hitam kecil yang menyebar diseluruh badan ikan ini.

Sirip:

Bentuk panjang dan menjuntai, biasanya berwarna kuning atau merah kondisi ini tergantung kepada individu ikan tersebut.

Harga Channa Maru Yellow Sentarum

Harga Channa Maru Yellow Sentarum di Indonesia bervariasi, tergantung pada beberapa faktor seperti ukuran,umur,kualitas, dan warna ikan. Berikut adalah detail harga berdasarkan ukuran ikan Channa Maru Yellow Sentarum:

  • Ukuran Kecil (8-10 cm)

Ikan Channa Maru Yellow Sentarum yang masih berukuran kecil biasanya memiliki harga berkisar antara Rp100.000 hingga Rp200.000 per ekor. Ukuran kecil ini cocok bagi penghobi yang ingin merawat ikan ini dari tahap awal pertumbuhannya.

  • Ukuran Sedang (15-20 cm)

Ikan Channa Maru Yellow Sentarum yang sudah berukuran sedang memiliki harga yang lebih tinggi. Untuk ukuran ini, harganya berkisar antara Rp200.000 hingga Rp500.000 per ekor. Ukuran sedang ini sering menjadi pilihan bagi penghobi yang menginginkan ikan yang sudah lebih besar namun masih memiliki ruang pertumbuhan.

  • Ukuran Besar (25-30 cm)

Bagi penghobi yang menginginkan ikan Channa Maru Yellow Sentarum dalam ukuran besar, harganya juga akan lebih tinggi. Ikan dengan ukuran 25-30 cm biasanya dijual dengan harga antara Rp500.000 hingga Rp1.000.000 per ekor. Ukuran ini sering menjadi favorit bagi mereka yang ingin memiliki ikan yang sudah mencapai tahap dewasa.

Channa Maru Yellow Sentarum Termahal

Penjualan Channa Maru Yellow Sentarum bermata merah berkualitas tinggi mencapai harga sekitar Rp 1.500.000 (sekitar $100 USD) untuk ikan 45cm.

Cara Merawat Channa Maru Yellow Sentarum

  1. Pilihlah ikan yang Aktif dan Sehat: Pilih ikan yang aktif, berenang lincah, dan menunjukkan tanda-tanda kesehatan yang baik.
  2. Perhatikan Warna dan Pola: Pilih Channa Maru Yellow Sentarum dengan warna cerah, intens, dan pola yang sesuai dengan keinginan kamu.
  3. Sesuaikan dengan Akuarium: Sediakan akuarium yang cukup besar, berikan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan ikan, seperti tempat persembunyian, tanaman air, dan suhu air yang stabil.
  4. Pemberian Pakan yang Berkualitas: Berikan pakan seimbang dan berkualitas tinggi, dengan variasi seperti Udang, Cacing tanah, Cacing sutra, Jangkrik, Ikan Kecil, Ulat hongkong, dan Pelet.
  5. Perhatikan Kebersihan Akuarium: Jaga kebersihan akuarium dengan mengganti air secara berkala, membersihkan filter, dan menghapus sisa makanan yang tidak dimakan.
  6. Perhatikan Kesehatan dan Perilaku: Amati kesehatan dan perilaku ikan secara teratur, dan konsultasikan dengan ahli ikan atau dokter hewan jika diperlukan.
  7. Kondisi Lingkungan Penjual: Beli ikan dari penjual dengan reputasi baik dan lingkungan penjual yang bersih, untuk memastikan ikan berasal dari sumber yang terpercaya dan telah dirawat dengan baik sejak awal.

KESIMPULAN

Channa Maru Yellow Sentarum, ikan predator asal Danau Sentarum, Kalimantan Barat, memikat pecinta ikan hias dengan ciri fisiknya yang khas, seperti bentuk tubuh ramping, warna kuning cerah dengan bintik-bintik hitam, dan sirip yang panjang. Ikan ini memiliki adaptasi unik dengan organ labirin untuk mengambil oksigen langsung dari udara. Harganya bervariasi (Rp100.000-Rp1.000.000) tergantung ukuran dan kualitas. Untuk merawatnya, penting memilih ikan yang sehat, menyediakan akuarium sesuai, memberikan pakan berkualitas, menjaga kebersihan, dan memantau kesehatan secara rutin, sekaligus membeli dari penjual yang tepercaya. Dengan pemahaman ini, penghobi dapat memberikan perawatan optimal dan menikmati keindahan ikan ini dalam lingkungan akuarium.

5/5 - (3 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *