Ikan Channa

Pahami Cara Membedakan Channa Jantan dan Betina: 100% Akurat!

51
×

Pahami Cara Membedakan Channa Jantan dan Betina: 100% Akurat!

Share this article

Cara Membedakan Channa Jantan dan Betina – Tahukah kamu ? Ikan channa, awalnya dikenal sebagai ikan Gabus dengan nama latin (Channidae), yang merupakan ikan komsumsi dengan sumber protein yang sangat tinggi. Ikan Predator ini menjadi sangat populer di kawasan asia tenggara, Bahkan di dunia.

Cara Membedakan Channa Jantan dan Betina
Sumber : https://www.monsterfishkeepers.com/

Namun saat ini ikan karnivora ini lebih dikagumi sebagai ikan hias predator. Karena Ikan Channa ini memiliki warna dan corak tubuh yang indah, serta sifat agresifnya menjadi tambahan daya tarik bagi penghobi ikan hias. Dikarenakan popularitas yang seiring waktu makin meningkat. Para budidaya ikan air tawar ini juga semakin banyak penyebabnya adalah meningkatnnya permintaan terhadap predator ganas ini.

Peluang bisnis budidaya ikan channa masih terbuka buat kamu yang baru ingin memulainya. Harga jual yang tinggi terutama untuk jenis yang langka itu harga jualnya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah loh. Kamu bisa menggunakan platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Youtube untuk membantu memperluas cakupan bisnis ikan hias kamu.

Ikan Ganas air tawar ini juga tidak terlalu sulit untuk dipelihara dan juga tidak memerlukan lahan yang luas untuk memelihara ikan channa. Nah, sebelum memulai budidaya ikan channa, kamu wajib mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara membedakan Channa Jantan dan Betina. Karena itu penting bagi kamu untuk melakukan budidaya agar tidak salah memasangkan ikan buas dengan jenis kelamin yang sama.

Perbedaan Channa Betina dan Jantan
Sumber : https://www.semanticscholar.org/

Beda Channa Jantan dan Betina

1. Bentuk Kepala:

Baik, untuk pertama yang harus kamu ketahui ialah perbedaan bentuk kepalanya. channa jantan cenderung memiliki bentuk kepala yang lebih lonjong serta ramping. Sedangkan untuk channa betina bentuk kepalanya lebih bulat dan pipih.

2. Warna Tubuh:

Selanjutnya yang dapat kamu bedain adalah dari warna dan corak tubuhnya. jantan biasanya memiliki warna tubuh yang lebih gelap dan tegas, sebaliknya, warna pada betina pada umumnya lebih terang dan kelihatan pudar.

3. Bentuk Perut:

Untuk yang ketiga adalah perbedaan bentuk perut ikan channa. Bentuk perut ikan channa jantan itu ramping dan pipih, itu bisa kamu lihat terutama dibagian bawah. Hal ini terjadi karena jantan memiliki organ reproduksi yang lebih kecil dari betina, Berbeda dengan Jantan, betina memiliki perut yang lebih besar dan membulat. Perut ikan Betina akan semakin membesar ketika memasuki musim kawin karena betina mulai memproduksi telur didalam perutnya.

4. Lubang Kelamin:

Perbedaan berikutnya ialah dapat kamu identifikasi dari Lubang Kelamin, channa jantan biasanya memiliki lubang kelamin berbentuk lonjong dan letaknya berada di dekat anus serta memiliki warna merah dan menonjol kedepan. Untuk channa betina, lubang kelaminnya berbentuk bulat dan terletak di dekat anus juga. Memiliki warna merah muda dan tidak terlalu menonjol.

5. Cairan

Terakhir, bedakan channa jantan dan betina dari Cairan yang keluar dari perut ikan. Ketika kamu menekan perut ikan predator ini yang keluar adalah cairan sperma bewarna putih, itu adalah channa jantan, sedangkan jika yang keluar ketika ditekan adalah telur kekuningan itu adalah channa betina.

Dan itulah beberapa ciri-ciri yang menjadi cara bedain channa jantan dan betina dari Lovaquatic untuk kamu,

Cara Bedain Channa Jantan dan Betina

Selain dari ciri-ciri yang udah kita bahas sebelumnya, nih ada saran lain buat bedain ikan channa jantan dan betina:

Lihat Detail Tubuh Secara Keseluruhan: Jangan lupa, perhatikan baik-baik detail tubuh ikan channa kamu. Kalo bisa, lihat bentuk tubuhnya secara detail. Channa jantan mungkin punya tubuh yang agak lebih panjang dan terlihat lebih proporsional dibanding betina. Cukup lihat bentuk tubuhnya, udah bisa kasih clue tentang jenis kelamin ikan channa kamu.

Amati Perilaku Pada Saat Kondisi Tertentu: Coba perhatiin perilaku ikan channa kamu, terutama waktu kondisi-kondisi khusus seperti saat kawin atau pemijahan. Channa jantan biasanya lebih aktif dan melakukan banyak gerakan intens waktu-waktu tertentu. Pahami perubahan perilaku ini, bisa bantu kamu kenali jenis kelamin ikan channa dengan lebih akurat.

Eksplor Sumber Daya Tambahan: Manfaatkan internet atau tanya-tanya ke komunitas penghobi ikan channa buat dapetin info tambahan. Pengalaman dari para pecinta ikan channa biasanya bisa jadi sumber info yang berguna. Kamu bisa belajar dari pengalaman mereka dalam bedain jenis kelamin ikan channa dan terapin itu ke ikan kamu sendiri.

Dengan kombinasi ciri-ciri fisik, perilaku, dan tips tambahan ini, kamu bisa makin paham bedain antara channa jantan dan betina di akuarium kamu. Tetap sabar dan terus lakukan observasi buat pastiin bahwa kamu paham banget soal jenis kelamin ikan channa yang kamu miliki.

KESIMPULAN

Kita bisa tahu cara membedakan Channa jantan dan betina dengan beberapa ciri fisik. Misalnya, Channa jantan punya kepala yang lebih panjang dan ramping, warna tubuh yang lebih gelap, dan perut yang lebih pipih. Sementara Channa betina punya kepala lebih bulat, warna tubuh lebih terang, dan perut yang membulat, terutama saat lagi musim kawin. Lubang kelamin juga beda, yang jantan lonjong dan menonjol, yang betina bulat dan nggak terlalu keliatan. Kalo ditekan, yang jantan keluar cairan putih (sperma), yang betina keluar telur kuning. Selain dari ciri fisik, lihat juga perilaku saat lagi kawin bisa membantu membedakan. Jadi, buat yang lagi mau mulai budidaya, penting deh tahu cara bedain ini biar nggak salah pasang. Selamat mencoba!

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *