Artikel Lain

Wow! Begini Cara Breeding Ikan Glofish Sekali Ternak Dapat Ratusan Ekor!

59
×

Wow! Begini Cara Breeding Ikan Glofish Sekali Ternak Dapat Ratusan Ekor!

Share this article

Ternyata ini Cara mudah Breeding Ikan Glofish Tetra. Pada tahun 2024 ini, tren ikan glofish sedang banyak diminati para pembeli ikan hias di pasar maupun di online. Bagaimana tidak? Ikan ini ternyata gampang sekali dibudidaya. Ikan ini tidak memerlukan lahan besar untuk di breeding.

Cara Breeding Glofish

Meskipun harga ikan glofish tergolong murah, tetapi kamu bisa menghasilkan ratusan ekor glofish dalam sekali breeding loh dan juga ikan ini masih tergolong ikan yang mudah dijual karena memiliki peminat banyak.

Untuk mendapatkan ratusan ekor ikan glofish danio dalam sekali breeding kamu hanya memerlukan beberapa persiapan seperti Pemilihan Indukan glofish tetra, penyiapan akuarium hingga pemilihan pakan ikan glofish yang berkualitas.

Tetapi sebelum membahas lebih lengkap tentang cara melakukan breeding ikan hias glofish, kamu wajib tahu terlebih dahulu bagaimana ikan glofish ini bisa memiliki berbagai macam warna-warna yang cantik. Pada artikel ini Lovaquatic akan membahas secara lengkap dan tuntas tentang ikan yang diminati akhir-akhir ini. Jadi ikuti terus ya sampai akhir!

Asal Usul Ikan Glofish

Baik, pertama-tama glofish adalah ikan zebra (Danio rerio) yang dimodifikasi secara genetik. Dengan memasukan gen organisme ubur-ubur Aequorea Victore kedalam DNA ikan zebra sehingga menghasilkan berbagai macam warna dimulai dari merah, biru, kuning, hijau dan ungu.

Nahh, bagi kamu yang berfikiran bahwa warna warna unik ikan ini adalah hasil dari alam itu salah ya melainkan ini adalah buatan manusia.

Modifikasi genetika ini dilakukan oleh Dr Zhiyuan Gongdan beserta timnya yang ada di universitas National Singapore pada tahun 1999. Ikan ini resmi diperkenalkan kepada publik pada tahun akhir 2003.

Namun dizaman sekarang bukan hanya ikan ini saja yang dimodifikasi. Ada beberapa ikan yang telah berhasil dikembangkan secara genetika mulai dari ikan cupang, koi, discus dan molly.

Sebelum kepembahasan tentang cara budidaya. Lovaquatic akan mengajari kamu cara membedakan ikan glofish jantan dan betina. Hal ini diperlukan agar proses breeding berjalan dengan lancar.

Cara Cepat Membedakan Ikan Glofish Jantan dan Betina

Sebenarnya tidaklah susah untuk membedakan mana jantan dan betina. Berikut ini adalah perbedaan glofish jantan dan betina.

Glofish Jantan

Cara Breeding Glofish
Glofish Jantan Sumber: https://irachman.blogspot.com/

Ikan Glofish jantan pada umumnya memiliki bentuk badan yang lebih memanjang dan ramping, dengan bentuk sirip yang lebih runcing. Warna pada jantan juga lebih cerah dan juga berpola.

Pada bagian kelamin, jantan memiliki alat kelamin yang berbentuk benjolan kecil pada bagian belakang anus.

Glofish Betina

Cara Breeding Glofish
Glofish Betina Sumber: https://irachman.blogspot.com/

Sebaliknya, glofish betina memiliki bentuk perut yang lebih berisi atau buncit dan pendek. Bentuk sirip betina lebih pendek dibandingkan dengan jantan.dan warna pada betina lebih gelap serta tidak solid.

Selanjutnya, Lovaquatic akan memberitahu kamu cara mudah untuk membreeding ikan warna warni ini.

Cara Breeding Ikan Glofish yang Benar

Ada beberapa hal yang harus kamu persiapakan sebelum memulai budidaya ini diantaranya seperti berikut ini:

Persiapan Wadah atau Akuarium

Sama seperti pada umumnya budidaya ikan yaitu persiapan wadah tempat pemijahan. Pilihlah tempat dengan ukuran air minimal 60 liter untuk 8 ekor ikan glofish. Gunakan filtrasi yang baik agar kualitas air tetap terjaga. Heater Aquarium diperlukan karena suhu air harus tetap terjaga diantara 24 sampai 28 derajat celcius.

Setelah itu, taruhlah beberapa media pemijahan kedalam wadah. Ada beberapa media yang bisa kamu gunakan diantaranya adalah batu apung, tanaman air dan jaring kawat.

Pemilihan Indukan yang Berkualitas

Kedua, ketika tempat sudah disiapkan secara benar. Kamu harus memilih induk berkualitas dengan rasio 1 banding 1. Berikut ini adalah ciri-ciri ikan hias glofish danio zebra yang berkualitas tinggi:

  • Warna: Indukan harus berwarna cerah tajam pada seluruh tubuh.
  • Bentuk Tubuh: Indukan yang bagus memiliki bentuk tubuh ramping dengan sirip simetris serta mata yang jernih tidak berawan.
  • Perilaku: Glofish adalah perenang lancar jadi pastikan memilih ikan yang aktif serta memiliki nafsu makan yang tinggi dan bebas dari penyakit apapun.

Setelah kamu membeli indukan yang berkualitas. Lalu, pisahkan ikan jantan dan betina terlebih dahulu sebelum melakukan breeding.

Proses Breeding

Pertama. masukan glofish jantan dan betina kedalam wadah yang telah disiapkan sebelumnya. Jika kamu masih pemula, disarankan untuk memulai dari 4 ekor jantan dan 4 ekor betina untuk satu wadah.

Untuk hari pertama jangan menghidupkan lampu terlebih dahulu, ini dikarenakan untuk mengurangi stress pada ikan. Kamu bisa menggunakan lampu LED pada saat pagi hari. Jangan lupa juga untuk memberikan pakan yang berkualitas tinggi.

Perhatikan perilaku ikan. Ikan jantan akan mulai membangun sarang gelembung di permukaan air, sementara betina akan mulai mengeluarkan sebanyak 100-200 telur yang akan dibuahi oleh sang jantan.

Setelah berhasil dibuahi oleh jantan, telur akan menetas dalam waktu 24 sampai 48 jam. Segera pindahkan ikan ketempat lain. Setelah itu, matikan sistem filtrasi dan gantilah dengan memasang aerator kedalamnya. Setelah menetas. berikanlah pakan berupa artemia, kutu air dan cacing mikro.

Terakhir, jangan lupa juga menganti air secara berkala agar kualitas air tetap terjaga karena burayak ikan glofish rawan terkena penyakit seperti jamur dan bakteri.

Catatan: Warna burayak ikan glofish itu tidak bergantung dari indukannya.

PENUTUP

Sebagai penutup, Lovaquatic berharap panduan lengkap ini dapat membantu kamu dalam cara breeding Glofish. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan, dari pemilihan indukan hingga proses breeding itu sendiri, kamu memiliki peluang besar untuk berhasil mendapatkan ratusan ikan Glofish dalam sekali breeding.

Berikanlah pendapatmu tentang artikel ini!

Semoga sukses dengan breeding Glofish dan jangan lupa untuk terus belajar dan berbagi pengetahuanmu dengan komunitas ikan hias. Selamat breeding!

5/5 - (6 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *