Artikel Lain

Ketahuilah Berbagai Macam Jenis Ikan Oscar dan Beserta Harga Jualnya

47
×

Ketahuilah Berbagai Macam Jenis Ikan Oscar dan Beserta Harga Jualnya

Share this article

Bagi kamu pecinta ikan hias terkhususnya lagi ikan predator, pasti sudah tidak asing lagi dong dengan Ikan Oscar. Ikan dengan nama latin ( Astronotus ocellatus ) dikenal agresif dan juga mempunyai warna yang indah. Gak cuma itu lho ! Ikan predator ini juga tergolong sangat mudah untuk dipelihara untuk kamu yang tidak mau ribet.

Kali ini Lovaquatic akan membawa kamu untuk mengenali Beberapa Jenis – Jenis Ikan Oscar dan Harga nya. Tapi sebelum itu kamu harus terlebih dulu mengetahui bagaimana masuknya ikan ini ke Indonesia.

Asal Usul dan Peredaran Ikan Oscar Di indonesia

Ikan Oscar ( Astronotus ocellatus ) adalah ikan air tawar yang berasal dari Amerika Selatan dan ditemukan di daerah dengan suhu air yang hangat, seperti Sungai Amazon dan Orinoco. Ikan ini juga ditemukan di beberapa negara seperti Argentina, Brasil, Kolombia, Paraguay, Peru, Uruguay, Venezuela, Suriname, dan Guyana Prancis.

Lalu kamu pasti bertanya bagaimana ikan karnivora tersebut bisa sampai di indonesia ?

Oscar pertama kali diimpor ke Indonesia sekitar tahun 1970-an. Awalnya, ikan ini hanya dimiliki oleh para pecinta ikan hias kelas atas karena harganya yang cukup mahal. Namun, seiring dengan berkembangnya industri budidaya ikan hias di Indonesia, harga ikan pemangsa air tawar ini menjadi semakin terjangkau dan mulai banyak dipelihara oleh masyarakat umum.

Setelah mengetahui tentang Asal usul dan peredaran ikan oscar di indonesia, Selanjutnya kita akan membahas tentang beberapa jenis Ikan Oscar dan Harga dipasaran.

7 Jenis – Jenis Ikan Oscar dan Harga Di pasaran

1. Albino Oscar

Ikan Oscar Albino adalah jenis Ikan rakus yang memiliki warna putih dan permukaan yang halus dengan sisik putih yang berkilau. Warna putih ini disebabkan oleh ketiadaan melanin dalam jaringan mereka. Meskipun begitu,Pelahap Ikan ini masih dapat memiliki warna dasar oranye dan merah yang terlihat pada tubuh mereka.

Untuk Harga Ikan Oscar Albino dimulai dari 10 ribu per ekor untuk ukuran 5-8 cm. Sedangkan untuk ukuran 10 cm keatas, Ikan Albino dihargai mulai dari 50 ribu untuk satu ekornya. Tetapi semuanya kembali lagi dengan kualitas ikan tersebut.

Ikan oscar jenis Albino Super Red adalah yang pernah terjual paling mahal di dunia. Harganya mencapai Rp 50 juta.

2. Tiger Oscar

Salah satu varian yang paling populer adalah Oscar Tiger. Ikan yang menakjubkan ini dapat dikenali dari pola garis-garis seperti harimau di kulitnya.Ikan Pemangsa yang memiliki pola tidak teratur yang mirip dengan Oscar liar. Namun, spesies ini memiliki bintik-bintik merah yang besar dan bentuknya yang unik, bukan campuran arang dan hitam.

Oscar Tiger dibanderol dengan harga mulai dari 80 ribu hingga 130 per ekornya, Ukuran dan kualitas menjadi faktor paling penting dalam menentukan harga ikan pemangsa ini.

3. Red Oscar

Ikan Oscar Red juga adalah varian yang populer yang dapat dibedakan dari penampilan mereka yang memiliki dua warna. Spesies ini memiliki sisik hitam dengan bintik merah yang terang yang saling berpadu di sepanjang punggung mereka.

Untuk Oscar Red dapat kamu dapati dengan harga yang tergolong tinggi yakni dimulai dari harga 100 ribu hingga 350 ribu per ekor tergantung dari kualitas dan ukuran ikan buas ini.

Jenis Ikan Oscar dan Harga
Sumber : https://www.facebook.com/photo/?fbid=384538268362721&set=pcb.384538925029322

4. Lemon Oscar

Jenis ini memiliki warna kuning muda di atas tubuh putih pucat. Beberapa ikan seringkali keliru dengan spesies oscar Putih atau Albino karena warna kuning yang samar.Selain itu, banyak spesies memiliki tanda kuning yang mencolok di perut mereka, sedangkan yang lain memiliki tanda kuning yang lebih halus. Oscar Lemon termasuk dalam varian lain yang dikawinkan silang.

Jika kamu menginginkan ikan karnivora ini berada di dalam akuariummu, Maka kamu dapat membelinya dengan harga yang dimulai dari 50 ribu per ekornya untuk ukuran 8 cm.

5. Copper Oscar

Ikan Oscar Copper atau tembaga memeliki warna yang hampir seluruhnya oranye cerah, dengan kepala dan tulang belakang berwarna gelap. Bagian belakang beberapa spesies mungkin memiliki bintik hitam kecil; namun, hal ini tidak terjadi pada sebagian besar variasi ini.

Harga Oscar Copper itu bervariasi mulai dari 55 ribu per ekor buat ukuran 15 cm.

6. Wild Oscar

Ikan Wild Oscar atau Oscar Liar merupakan ikan asli yang belum dikawinsilangkan sama sekali memiliki tanda belang berwarna arang gelap dan hitam di seluruh tubuh mereka, serta bercak cokelat kemerahan dan titik-titik hitam yang menyerupai mata palsu. Tanda ini berfungsi sebagai perlengkapan pelindung untuk membantu mereka bersembunyi dari pemburu dan penyerang manusia.

Jika ingin memiliki ikan predator liar ini kamu bisa menyiapkan dana sebesar 200 ribu untuk ukuran 9 cm.

7. Gold Oscar

Varian Oscar Tembaga dan Emas hampir sama persis dalam setiap aspek. Namun, Oscar emas memiliki sedikit lebih banyak warna keemasan di tubuh mereka.

Spesies ini memiliki perut dengan warna keemasan yang indah, dengan wajah dan sayap berwarna abu-abu. Dengan tangki yang dirancang dengan kreativitas dan pencahayaan yang berkualitas tinggi, spesies ini terlihat menakjubkan ketika ditempatkan di substrat berwarna hijau dan gelap.

Untuk harga ikan karnivora ini berkisar sekitar Rp35.000 per ekor, namun perlu diingat bahwa harga dapat bervariasi tergantung pada jenis ikan, ukuran, serta daerah tempat penjualan.

Setelah mengetahui 7 Jenis Ikan Oscar diatas Lovaquatic ingin mengetahui Jenis apa yang paling ingin kamu pelihara ? dan kenapa ? berikan jawaban mu di kolom komentar yaa!

Sekedar saran nih! Ketika ingin membeli jenis ikan Oscar yang kamu minati, dan pastikan juga harga sesuai dengan budget kamu. Karena jika kamu beli terlalu mahal, kamu mungkin akan merasa kecewa atau terbebani secara finansial. Lebih baik menyesuaikan pembelian dengan kemampuan kamu agar tetap bisa menikmati hobi memelihara ikan ini tanpa masalah keuangan yang berlebihan.

Panduan Memelihara Ikan Oscar

Oscar sangat tangguh dan dapat hidup dalam suhu tropis antara 74–80°F (23–27°C) dan tingkat pH antara 6–8. Sebagai ikan besar, Karnivora ini menghasilkan banyak limbah dan membutuhkan filtrasi yang memadai. Lovaquatic telah menggunakan filter gantung, filter kabinet, filter internal, dan sponge filter dengan oscar kami. Jenis filter sebenarnya tidak begitu penting selama arusnya tidak terlalu cepat, mampu menangani bioload, dan mudah untuk dibersihkan.

Pertanyaan yang paling sering ditanyakan tentang akuarium mereka adalah “Berapa ukuran tangki yang dibutuhkan untuk sejumlah oscar ini?” Meskipun beberapa orang mengatakan bahwa tangki 55 galon adalah minimum untuk satu oscar.

Lovaquatic pribadi percaya bahwa tangki 75 galon (280 L) lebih baik agar ikan pemangsa air tawar ini memiliki lebih banyak ruang berenang. Untuk dua oscar, cari akuarium yang panjangnya 5–6 kaki (1,5–1,8 m) dan memiliki kapasitas minimal 90–100 galon (350 L).

Ikan Oscar adalah karnivora yang suka memakan berbagai jenis makanan seperti serangga, krustasea, ikan kecil. Maka perhatikanlah pakan apa yang akan kamu berikan karena itu sangat mempengaruhi kualitas air didalam akuarium. Dengan menjaga kualitas air yang baik, bisa dipastikan ikan oscar kamu akan hidup lebih sehat dan lama.

KESIMPULAN:

Lovaquatic telah memberikan ringkasan tentang berbagai jenis ikan Oscar dan harga yang ada dipasaran, serta asal usul dan peredaran ikan Oscar di Indonesia. Terdapat tujuh jenis ikan Oscar yang dijelaskan, yaitu Albino Oscar, Tiger Oscar, Red Oscar, Lemon Oscar, Copper Oscar, Wild Oscar, dan Gold Oscar. Artikel juga memberikan panduan dalam memelihara ikan Oscar, termasuk suhu dan pH yang sesuai, jenis filter yang digunakan, ukuran tangki yang diperlukan, dan jenis makanan yang cocok untuk ikan ini. Bagi para pecinta ikan hias, terutama ikan predator, artikel ini mengajak untuk mencoba memelihara ikan Oscar dari berbagai jenis yang telah dijelaskan. Jadi, jangan ragu untuk memilih jenis ikan Oscar yang sesuai dengan preferensi dan minat kamu, dan mulailah petualangan memelihara ikan predator yang indah ini!

4.5/5 - (2 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *