Ikan Arwana

Fakta Tentang Ikan Arwana Super Red yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

73
×

Fakta Tentang Ikan Arwana Super Red yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Share this article

Arwana Super Red – Siapa sih yang gak tahu Ikan Arwana ini? Kepopulerannya sudah dimana-mana menjadikan ikan ini banyak digencari oleh para pecinta ikan hias. Tidak hanya itu, budidaya ikan arwana sekarang sudah menjadi bisnis bagi sebagian orang, cara membudidayakan ikan arwana tidaklah begitu sulit.

Berbagai Jenis jenis ikan arwana yang dapat kamu pilih untuk dipelihara seperti Arwana Silver Brazil, Arwana Super Red, Arwana Green Pino , Arwana Golden Red, Arwana Banjar, Arwana Golden CrossBack 24k dan Arwana Jardini Papua. Tetapi kali ini Lovaquatic akan lebih fokus membahas tentang Ikan Arwana Super Red yang menjadi dominasi diantara jenis arwana lainnya.

Untuk kamu yang belum tahu nih! Ikan Arwana Merah ini asli dari indonesia loh! Jadi kita akan mengulik lebih dalam lagi apa saja yang membuat ikan predator ini menjadi sangat populer di Indonesia, bahkan didunia.

Per tahun 2024, Harga Arwana Super Red 10 cm itu mencapai 1,5 juta rupiah. Oleh karena itu, ayo kita bahas faktor- faktor apa saja yang membuat ikan ini begitu mahal dan banyak diminati.

Arwana Super Red
Sumber : https://biggo.id/s/arwana+super+red+40cm/

Darimana Asal Usul Arwana Super Red?

Arwana Super Red atau biasanya disebut juga dengan ASR itu berasal dari Asia Tenggara. Dapat ditemukan di daerah perairan sungai Indonesia, Malaysia, Thailand dan Kamboja. Ikan dengan nama ilmiah (Scleropages formosus) biasanya berada di sungai- sungai tropis dengan kondisi air yang jernih.

Ikan yang berwarna merah ini pertama kali diidentifikasi pada tahun 1990-an di sungai Kapuas. Tapi sejak saat itu, populasi ikan Karnivora ini dialam liar makin menurun drastis dikarenakan penangkapan liar yang dilakukan secara berlebihan. Upaya konservasi sangat dibutuhkan untuk mencegah ikan ini hilang dari habitat aslinya.

Lalu setelah mengetahui asal usul ikan Arwana merah ini sekarang lanjut kepembahasan tentang Karakteristik Ikan Arwana Super Red yang membuat ikan ini menjadi primadona bagi pecinta ikan hias.

Karakteristik Ikan Arwana Super Red

Ciri Fisik :

Ikan karnivora ini menampilkan fisik yang menawan dengan memiliki ciri khas dominasi warna merah cerah pada tubuhnya. Bintik-bintik hitam di bagian ekornya menambah keindahannya. Ikan ini dapat tumbuh hingga panjang 90 cm, dengan tubuh panjang dan ramping serta kepala yang besar.

Sisiknya yang besar dan berkilau menciptakan pantulan cahaya yang mempesona, sementara siripnya panjang dan berkibar menambah keanggunan ikan ini saat berenang.

Klasifikasi Ikan Arwana Super Red :

Kingdom: Animalia Filum: Chordata Kelas: Actinopterygii Ordo: Osteoglossiformes Famili: Osteoglossidae Genus: Scleropages Spesies: Scleropages formosus

Nama binomial: Scleropages formosus

Perilaku:

Ikan Siluk Merah atau ASR adalah ikan karnivora yaitu memakan ikan ikan kecil, serangga, dan udang. Memiliki sifat Soliter yaitu lebih suka hidup sendiri. Dengan cara berenang yang kesana – kesini dengan gesit.

Memiliki sifat Teritorial menjadikan ikan ini sangat agresif jika ikan lain memasuki wilayahnya, Maka itu, pemilihan tankmate yang cocok itu sangat diperlukan agar menghindari stress terhadap ikan Arwana.

Setelah mengetahui Karakteristik Ikan Arwana ini. Pembahasan berikutnya adalah tentang Jenis – Jenis Ikan Arwana Super Red.

Jenis Ikan Arwana Super Red

Berikut ini adalah berbagai macam ikan Arwana Super Red diantaranya:

Arwana Blood Red
Arwana Blood Red Sumber : https://dusco.co.id/

Arwana Blood Red

Ikan Arwana Blood Red, atau Merah Darah. Varian ini memiliki warna dasar oranye keemasan dengan garis merah di ujung sisiknya dan ekor berwarna merah transparan. Asal ikan ini adalah Sungai Kapuas dan Danau Sentarum di Kalimantan Barat, Indonesia. Habitatnya mencakup perairan tawar seperti sungai, danau, dan rawa-rawa.

Arwana Chili Red
Arwana Chili Red Sumber : https://dusco.co.id/

Arwana Chili Red

Ikan Arwana Chili Red terkenal karena kecantikannya. Tubuhnya yang panjang dan ramping memiliki warna merah cerah, dengan bintik-bintik hitam di bagian ekor. Siripnya yang panjang dan berkibar berwarna merah atau oranye, yang semakin menambah keindahan ikan tersebut.

Arwana Papaya Red
Arwana Papaya Red Sumber : https://dusco.co.id/

Arwana Papaya Red

Ikan Arwana Papaya Red dikenal karena keindahan memukau yang dimilikinya. Warna merah cerah yang mirip dengan pepaya matang, gradasi warna indah, dan sirip oranye merah menambah daya tariknya. Tubuh panjang dan ramping, sisik besar berkilau, dan sirip panjang yang berkibar semakin menambah pesona ikan ini.

Arwana Ultra Red
Arwana Ultra Red Sumber : https://dusco.co.id/

Arwana Ultra Red

Ikan Arwana Ultra Red memiliki warna merah darah yang intens dan merata, sirip merah cerah, dan sisik besar berkilau. Warna merahnya bertambah cerah dengan pertumbuhan dan perawatan. Ikan ini adalah pilihan utama bagi pecinta ikan hias, dengan tubuh panjang dan ramping serta sirip panjang berkibar.

Setelah mengetahui tentang jenis jenis ikan Arwana Super Red. Selanjutnya kita akan membahas tentang macam macam Pakan Ikan Arwana Super Red.

Pakan Arwana Super Red

Pemilihan pakan yang tepat sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan Arwana Super Red. Sebagai ikan karnivora, Arwana Super Red membutuhkan diet yang kaya protein. Beberapa pilihan pakan yang dapat kamu berikan antara lain:

  1. Ikan kecil: Kamu dapat memberi pakan ikan kecil seperti guppy atau goldfish sebagai sumber protein.
  2. Serangga: Larva nyamuk atau jangkrik bisa menjadi pilihan pakan yang baik. Serangga-serangga ini mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh Arwana Merah.
  3. Udang: Udang segar bisa menjadi makanan yang lezat dan bergizi.
  4. Pellet: Pellet khusus untuk Arwana juga bisa menjadi pilihan. Pastikan memilih pellet yang kaya akan protein dan nutrisi lainnya.

Selain pilihan pakan di atas, penting untuk memberikan variasi dalam diet Arwana untuk memastikan mereka mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan. Jangan lupa juga untuk menghindari pemberian makanan berlebihan karena dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Harga Ikan Arwana Super Red

Kita akan membahas topik yang tidak kalah menarik, yaitu tentang Harga Ikan Arwana Super Red. Mengingat kepopuleran dan keindahan ikan ini, tentunya kamu penasaran bukan ?

Harga Arwana Super Red berkisar mulai dari Rp2.300.000 untuk ukuran 15 cm, Rp3.500.000 untuk ukuran 20 cm, Rp5.490.000 untuk ukuran 30 cm, Rp8.000.000 untuk ukuran 40 cm, Rp9.750.000 untuk ukuran 50 cm, hingga Rp15.595.000 untuk ukuran 60 cm. Sementara Arwana Super Red King berukuran 40 cm dapat dibeli dengan harga sekitar Rp18.500.000.

Tips Memilih dan Membeli Arwana Super Red

Sebelum membeli Arwana Super Red, ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan:

  1. Pastikan Kesehatan Ikan: Ikan harus tampak sehat dan aktif. Perhatikan apakah ada tanda-tanda penyakit, seperti sisik mengelupas, mata merah atau bengkak, atau perilaku yang tidak normal.
  2. Periksa Warna dan Pola: Arwana Super Red harus memiliki warna merah terang dan pola yang jelas. Warna harus merata di seluruh tubuh dan ekor, dan pola harus simetris.
  3. Perhatikan Ukuran: Ukuran ikan juga penting. Arwana yang lebih besar biasanya lebih mahal, tetapi mereka juga lebih kuat dan memiliki warna yang lebih jelas.
  4. Pilih Penjual yang Tepercaya: Belilah dari penjual yang tepercaya dan memiliki ulasan positif. Penjual harus dapat memberikan informasi tentang asal usul ikan dan cara merawatnya.
  5. Bersikap Realistis tentang Harga: Ikan ini adalah ikan yang mahal. Jika harganya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, kemungkinan ada sesuatu yang tidak beres.
  6. Sertifikat: Pastikan ikan memiliki sertifikat resmi yang menunjukkan bahwa mereka dibred secara legal. Ini penting untuk melindungi spesies ini dari penangkapan liar.

Cara Memelihara Ikan Arwana Super Red

Jika kamu sudah membeli ikan Siluk Merah ini dengan mengikuti Tips diatas. Selanjut Lovaquatic akan memberi tahu cara Perawatan Ikan Arwana Super Red:

1. Persiapan Akuarium

Untuk mempersiapkan akuarium, ukuran minimum yang harus kamu siapkan adalah 150 x 60 x 70 cm (Panjang x Lebar x Tinggi). Namun, ukuran ideal yang disarankan untuk Arwana dewasa adalah 200 x 100 x 75 cm (Panjang x Lebar x Tinggi). Pastikan juga ketebalan kaca akuarium minimal 10 mm, namun ketebalan 12 mm lebih direkomendasikan.

2. Perlengkapan Akuarium

Sebelum mengisi air kedalam akuarium kamu wajib menyeting alat- alat perlengkap akuarium terlebih dahulu.Berikut adalah perlengkapan akurium yang kamu butuhkan untuk Arwana Merah : gunakan filter canister atau sump filter dengan kapasitas yang sesuai dengan ukuran akuarium. Aerator diperlukan untuk menambahkan oksigen dan menjaga sirkulasi air. Heater digunakan untuk menjaga suhu air di kisaran 28-30°C, dan termometer diperlukan untuk memantau suhu air tersebut.

Untuk pencahayaan akuarium, gunakan lampu LED atau T5. Jangan lupa juga untuk menyertakan penutup akuarium untuk mencegah ikan melompat keluar. Sebaiknya kamu memasang perlengkapan akuariumnya terlebih dahulu dan pastikan juga semua sudah berfungsi dengan benar sebelum memasukan ikan arwana kedalam akuarium.

3. Pengisian Air

Setelah perlengkapan akuarium kamu sudah terpasang dengan benar.Langkah selanjutnya dalah mengisi air di akuarium, berikut adalah langkah-langkah yang perlu diikuti:

  1. Siapkan air yang berkualitas baik. Ini bisa berupa air demineralisasi, air RO, atau air PAM yang telah diendapkan selama 24-48 jam untuk menghilangkan klorin dan kaporit.
  2. Atur suhu air sesuai dengan kebutuhan Arwana, sekitar 28-30°C. Gunakan heater untuk menjaga suhu air tetap stabil.
  3. Pastikan pH air berada dalam kisaran ideal untuk Arwana Super Red, yaitu 6,5-7,5. Gunakan alat pengukur pH untuk memeriksa tingkat keasaman air.
  4. Isi akuarium secara perlahan dan hati-hati untuk mencegah stres pada ikan. Gunakan selang atau pancuran dengan aliran lembut.
  5. Jika menggunakan air PAM, tambahkan deklorinator untuk menghilangkan klorin dan kaporit.
  6. Gunakan filter air berkualitas untuk menjaga kejernihan dan kualitas air.
  7. Endapkan air didalam akuarium selama 1 x 24 jam terlebih dahulu. Supaya kaporit dan zat zat yang berbahaya untuk ikan menguap dan air dalam akuarium siap untuk ditempati oleh ikan Arwana Super Red.

Tips Memilih Pakan Arwana Super Red

Memilih pakan yang tepat untuk Arwana Super Red sangat penting untuk pertumbuhannya. Jenis pakan yang bisa kamu berikan ada 2 yaitu :

  1. Pakan hidup seperti cacing darah, cacing sutra, jangkrik, udang, dan ikan kecil.
  2. Pakan beku seperti cacing darah beku, udang beku, dan cacing sutra beku. serta pelet khusus untuk Arwana yang kaya protein dan vitamin.

Penting bagi kamu untuk memberikan pakan secara bervariasi, untuk menghindari pemberian makanan berlebih, memastikan kualitas pakan, dan memilih merek yang terpercaya. Misalnya, Hikari Arowana Gold, Tetra Arowana, dan New Life Spectrum Arowana Formula bisa menjadi pilihan pelet yang baik. Selain itu, perhatikan juga nafsu makan dan kondisi kesehatan Arwana.

Ingatlah bahwa Arwana Super Red itu ikan karnivora yang membutuhkan protein tinggi, jadi pastikan mereka mendapatkan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangannya.

Arwana Super Red
Ikan Red Feifeng Sumber : https://www.facebook.com/Aquaprofita/

Pemilihan Tankmate untuk Arwana Super Red

Fakta bahwa Arwana Super Red itu memang ikan Teritorial itu memang ada benarnya. Tapi kamu juga bisa menambahkan Tankmate yang cocok seperti Palmas, Aligator Gar, Redtail Catfish (RTC), Peacock Bass, Tiger Shovelnose Catfish (TSN), Red Feifeng dan Kaviat. Catatan pilihlah ikan tankmate yang sesuai dengan ukuran arwana kamu. Jangan memilih ikan yang terlalu besar ataupun kecil karena itu dapat dimakan oleh ikan arwana kamu atau sebaliknya.

Memperhatikan Kesehatan Ikan Arwana Super Red

Dalam memperhatikan kesehatan ikan predator ini ada beberapa hal yang harus dilakukan dimulai dari frekuensi pemberian pakan secara benar, memeriksa kualitas air yang dilakukan dengan cara pergantian air secara berkala sekitar 20-30% setiap minggunya, dan jangan lupa juga untuk membersihkan filtrasi akuarium secara rutin.

Menggunakan Lampu Tanning

Jika kamu ingin meningkatkan warna merah pada Arwana merah ini solusinya adalah menggunakan Lampu Tanning. Perlu kamu ketahui lampu Tanning berbeda dengan lampu LED biasa. Selain meningkatkan warna merah pada arwana, lampu Tanning juga memiliki manfaat lainnya seperti Memperkuat sisik dan membuat menjadi semakin kilau, Meningkatkan nafsu makan dan metabolisme pada ikan, dan Merangsang pertumbuhan dan perkembangan ikan.

Cara Mengobati Arwana Super Red yang Sakit

Untuk langkah pengobatan, pertama-tama, amati gejala seperti penurunan nafsu makan, berenang gelisah, menggesekkan badan ke dinding akuarium, sirip yang tidak mengembang sempurna, atau perubahan warna pada tubuh.

Catat gejala ini karena akan membantu dokter hewan dalam diagnosis. Kemudian, pindahkan ikan yang sakit ke akuarium karantina untuk mencegah penyebaran penyakit ke ikan lainnya. Pastikan akuarium karantina steril dan memiliki sistem filtrasi yang baik, serta selalu menjaga kualitas air di dalamnya.

Semoga dengan membaca artikel ini kamu sudah bisa memelihara Siluk Merah ini dengan baik dan benar.

FAQ

Apa yang Kamu Ketahui Tentang Ikan Arwana Super Red ?

Ikan Arwana Super Red adalah ikan hias bernilai ekonomi tinggi dengan ciri khas warna merah cerah dan sisik besar, digemari para aquarists dan kolektor.

Dimana Ikan Arwana Super Red Biasanya Ditemukan ?

Arwana, yang merupakan ikan endemik dengan nilai ekonomi tinggi, banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, seperti Kalimantan, Sumatera, dan Papua.

Jenis Ikan Arwana yang Banyak Ditemui di Riau dan Jambi Adalah ?

Arwana Super Red adalah jenis ikan arwana yang banyak ditemui di Riau dan Jambi. Ikan ini populer di kalangan pecinta ikan hias karena warna merah cerahnya. Habitatnya di Sungai Batanghari, Jambi.

Kenapa Arwana Super Red Sangat Mahal ?

Arwana Super Red mahal karena langka, indah, sulit dikembangbiakkan, perlu perawatan khusus, dan dianggap simbol keberuntungan.

Ikan Arwana Super Red Berkembang Biak dengan Cara ?

Ikan ini berkembang biak dengan cara bertelur. Induk jantan akan mengerami telur di dalam mulutnya selama 55-60 hari.

Berapa Ukuran Maksimal Arwana Super Red ?

Ukuran maksimal Arwana Super Red umumnya mencapai 90 cm hingga 1 meter, dipengaruhi faktor genetik, nutrisi, ruang hidup, dan kualitas air.

Berapa Harga Indukan Arwana Super Red ?

Harga indukan Arwana Super Red berkisar antara Rp 10 juta hingga Rp 50 juta, tergantung ukuran, kualitas, genetik, kelangkaan, dan lokasi penjual.

Bagaimana Cara Pemijahan Ikan Arwana Super Red?

Pemijahan bisa alami atau manual, perlu pengetahuan dan keterampilan, konsultasikan dengan ahli jika kesulitan.

5/5 - (3 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *