Ikan Arwana

Mari Kita Kenali Arwana Jardini Papua yang Merupakan Ikan Asli Indonesia

42
×

Mari Kita Kenali Arwana Jardini Papua yang Merupakan Ikan Asli Indonesia

Share this article
Arwana Jardini Papua
sumber : https://hzwsdxgfs2.blogspot.com/

Arwana Jardini Papua – Apakah kamu tahu selain Arwana Super Red, ada juga satu jenis arwana yang berasal dari indonesia? Karena negara kita ini terkenal dengan keanekaragaman hayati flora dan faunanya. Kali ini Lovaquatic akan membahas tentang ikan Arwana Jardini Papua (Scleropages jardinii) yang berasal dari indonesia.

Bagi kamu yang belum tahu ikan predator ini merupakan ikan khas dari negara kita lho. Ikan air tawar ini dapat kamu temukan di perairan papua untuk habitatnya sih berada di sekitar sungai, danau, dan rawa-rawa.

Ikan pemangsa air tawar ini memiliki peran penting dalam keseimbangan ekosistem dan budaya Papua, serta nilai ekonomi sebagai ikan hias dan wisata, adalah predator air tawar yang berharga. Sayangnya, ikan ini sedang dalam ancaman karena penangkapan berlebihan dan kerusakan habitat. Mari kita lindungi mereka!

Lovaquatic akan menjelaskan secara rinci tentang ikan pemangsa air tawar khas indonesia ini seperti bagaimana asal usul dan ciri fisiknya. Ayo Kita bahas lebih dalam!

Penjelasan Terlengkap Mengenai Ikan Arwana Jardini Papua

Asal Usul

Seperti yang sudah kita bahas di atas, Arwana Jardini Irian adalah ikan asli Indonesia yang habitat aslinya terletak di perairan Papua. Selain di Papua, Predator jenis ini juga dapat ditemukan di beberapa bagian lainnya di Indonesia, seperti di Kalimantan dan Sulawesi.

Habitatnya mencakup sungai, danau, dan rawa-rawa di daerah tropis. Ikan papua ini merupakan spesies yang sangat adaptif dan dapat bertahan hidup di berbagai jenis lingkungan perairan, asalkan suhu dan kualitas airnya memenuhi kebutuhan mereka. Asal usulnya bisa ditelusuri kembali ke zaman prasejarah, di mana fosil ikan ini telah ditemukan, menunjukkan bahwa mereka adalah salah satu spesies ikan tertua di dunia.

Ciri Fisik

Untuk yang pertama kita akan membahas tentang ciri fisik ikan karnivora air tawar ini. Arwana Jardini Papua memiliki bentuk tubuh yang panjang dan ramping, dengan warna dominan hijau keemasan atau perak. Kepalanya besar dengan mulut yang lebar dan dipenuhi dengan gigi tajam, menjadikannya predator yang efektif. Dengan berat yang bisa mencapai 17 kg dan panjang maksimal arwana jardini ini bisa mencapai 90 cm.

Ikan ini memiliki sirip punggung dan sirip anal yang panjang dan memanjang sepanjang tubuhnya, dan ekor yang besar dan kuat untuk berenang cepat.

Ada beberapa hal yang membedakan Ikan papua adalah pola warna dan bentuk tubuhnya. Jika kamu bandingan dengan jenis Arwana lainnya seperti Arwana Super Red atau Golden Crossback, membuat Ikan karnivora ini lebih panjang dan ramping, dan memiliki warna yang lebih sedikit variasinya.

Kelebihan Memelihara Ikan Arwana Jardini Papua

Ikan Arwana Jardini Papua bukan sekadar ikan, tapi pesona yang memukau di dunia air tawar. Ada beberapa kelebihan yang membuat ikan raja air ini banyak dipelihara. Kenapa banyak diminati? Simak yuk!

  1. Keindahan yang Memikat: Warnanya mencuri perhatian, tubuh rampingnya memikat hati. Arwana Papua adalah pemandangan yang bikin mata terpana.
  2. Kesulitan Menemukan: Langka dan susah dicari, membuatnya jadi incaran langganan para pencinta ikan. Keunikan yang sulit disaingi.
  3. Pemikat Keberuntungan: Dipercaya sebagai pembawa hoki dan kemakmuran dalam beragam budaya, Tapi juga membawa keberuntungan untuk kamu yang memeliharanya.
  4. Investasi yang Mendatangkan Untung: Harga yang terus melonjak membuatnya jadi primadona investor. Beli ikan, dapat untung, siapa yang nggak mau?

Jadi, Arwana Jardini Irian, lebih dari sekadar ikan peliharaan. Ia adalah keindahan langka yang membawa keberuntungan, baik dalam air maupun di pasar investasi!

Harga Pasar Ikan Arwana Jardini

Lovaquatic telah melakukan riset terhadap beberapa online marketplace yang ada diindonesia dan menemukan bahwa harga ikan Arwana Jardini itu bervariasi. Maksudnya adalah tergantung dari ukuran dan daerah penjual.

Berikut ini hasil riset Kisaran Harga Berdasarkan Ukuran:

  • 10-15 cm: Rp 300.000 – Rp 500.000
  • 15-20 cm: Rp 500.000 – Rp 1.000.000
  • 20-25 cm: Rp 1.000.000 – Rp 2.000.000
  • 25-30 cm: Rp 2.000.000 – Rp 3.000.000
  • 30 cm ke atas: Rp 3.000.000 ke atas


Untuk harga anakan arwana jardini berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 500.000. Semua tergantung dari penjualnya masing-masing.

Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Harga Ikan Arwana Jardini ?

Ketika membeli ikan arwana , faktor-faktor tertentu dapat mempengaruhi harga yang harus dibayar. Dalam bagian ini, Lovaquatic akan membahas tiga faktor utama yang mempengaruhi harga ikan arwana jardini: ukuran dan umur, kualitas warna dan pola, serta asal dan legalitas.

Ukuran dan Umur

Ukuran dan umur ika sangat mempengaruhi harga yang harus dibayar. Semakin besar dan tua ikan arwana maka semakin mahal harganya. Ini dikarenakan ikan arwana yang lebih besar dan lebih tua lebih sulit untuk ditemukan dan memakan waktu lebih lama untuk tumbuh. Beberapa penjual arwana jardini bahkan mematok harga yang sangat tinggi untuk ikan yang sangat besar dan berusia lebih dari 5 tahun.

Kualitas Warna dan Pola

Kualitas warna dan pola arwana jardini juga mempengaruhi harga. Arwana yang memiliki warna dan pola yang lebih menarik dan unik biasanya lebih mahal. Warna dan pola yang paling umum pada ikan arwana jardini adalah merah, emas, dan silver. Namun, ada juga yang memiliki warna dan pola yang lebih langka seperti hitam, hijau, dan biru. Warna dan pola yang lebih unik dan menarik biasanya memiliki harga yang lebih tinggi.

Asal dan Legalitas

Asal dan legalitas arwana jardini juga mempengaruhi harga. Ikan arwana yang berasal dari negara asalnya, seperti Indonesia dan Australia, biasanya lebih mahal karena mereka lebih sulit didapatkan. Selain itu, ikan arwana yang diperoleh secara ilegal atau tidak memiliki dokumen legalitas yang lengkap biasanya memiliki harga yang lebih rendah. Hal ini karena risiko hukum yang terkait dengan membeli ikan arwana ilegal.

Dalam rangka membeli ikan arwana dengan harga yang wajar, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi harga tersebut. Dengan memahami faktor-faktor ini, Kalian dapat memilih ikan arwana jardini yang sesuai dengan keiinginan kalian.

Tips Membeli Ikan Arwana Jardini Papua

Untuk membeli Arwana Jardini Papua, ada beberapa tips penting yang perlu dilakukan seperti:

  • Pertama, beli dari penjual yang terpercaya dan pilihlah mereka yang sudah memiliki reputasi baik dan bisa menjamin kesehatan ikan.
  • Kedua, periksa kesehatan ikan, pastikan ikan yang kamu pilih sehat, warnanya cerah, dan sisiknya kinclong.
  • Ketiga, jangan malu untuk menawar harga, terutama jika membeli lebih dari satu. Ada beberapa tempat bagus untuk membeli ikan ini, termasuk toko ikan hias yang biasanya memiliki banyak pilihan, peternak ikan untuk pembelian langsung dari sumbernya, pameran ikan yang bisa menawarkan berbagai jenis ikan dengan harga yang bervariasi, dan belanja online, di mana ada banyak pilihan di internet, cukup cari yang bisa dipercaya.

Bagaimana Cara Merawat Ikan Arwana Jardini ?

Ketika memutuskan untuk memelihara ikan arwana , Kalian harus memperhatikan beberapa hal penting dalam perawatan arwana jardini. Berikut ini adalah cara merawat arwana jardini yang harus Kalian perhatikan untuk menjaga kesehatan arwana jardini Kalian.

Kebutuhan Habitat

Arwana jardini membutuhkan lingkungan yang baik untuk tumbuh dan berkembang. Kalian harus menyediakan akuarium yang cukup besar untuk menampung ikan ini. Ukuran minimal akuarium yang disarankan untuk satu ekor ikan arwana adalah 500 liter. Pastikan akuarium tersebut dilengkapi dengan filter dan sirkulasi udara yang baik.

Suhu air yang cocok untuk ikan arwana adalah antara 24-28┬░C dengan tingkat pH 6,0 hingga 7,0, netral hingga sedikit asam. Kalian juga harus memeriksa kualitas air secara berkala dan melakukan perubahan air secara rutin untuk menjaga kebersihan akuarium.

Pakan dan Nutrisi

Arwana jardini adalah hewan karnivora dan membutuhkan makanan hidup untuk tumbuh dan berkembang. Kalian bisa memberikan makanan ikan arwana jardini seperti ikan kecil, udang, dan cacing sutera sebagai makanan utama ikan arwana jardini.

Selain itu, Kalian juga bisa memberikan pakan tambahan berupa pelet ikan arwana yang mengandung nutrisi lengkap untuk ikan tersebut. Pastikan pakan yang diberikan tidak berlebihan dan sesuai dengan kebutuhan ikan arwana .

Dalam merawat arwana, Kalian harus memperhatikan kebersihan akuarium dan pakan yang diberikan. Dengan memenuhi kebutuhan habitat dan nutrisi ikan arwana , Kalian dapat menjaga kesehatan ikan tersebut dan memperpanjang umur hidupnya.

Kesimpulan

Ikan Arwana Jardini Papua merupakan jenis arwana asli Indonesia yang memiliki peran penting dalam keseimbangan ekosistem dan budaya Papua, serta memiliki nilai ekonomi sebagai ikan hias dan objek wisata. Habitat asli ikan ini terletak di perairan Papua, mencakup sungai, danau, dan rawa-rawa. Meskipun memiliki keindahan dan keunikan yang diminati para pencinta ikan, Arwana Jardini Papua menghadapi ancaman serius akibat penangkapan berlebihan dan kerusakan habitat. Oleh karena itu, artikel ini mengajak untuk menjadikan konservasi dan pelestarian spesies ini sebagai prioritas utama, dengan harapan adanya pengembangan program pelestarian yang lebih intensif di Papua dan Indonesia secara keseluruhan. Dalam konteks perawatan, artikel memberikan informasi rinci tentang asal usul, ciri fisik, keuntungan memelihara, harga pasar, faktor yang mempengaruhi harga, tips pembelian, dan cara merawat Arwana Jardini Papua.

Berikan Komentar dan Pendapatmu dari artikel diatas !

Salam Lovaquatic

4.5/5 - (2 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *